MODUL 2 ARDUINO SEVEN SEGMENT + KEYPAD
08.37D. Menampilkan Angka pada Seven Segment
Prosedur Percobaan:
1. Pastikan semua supply dalam keadaan off
2. Hubungkan jumper seperti gambar dibawah
3. Buatlah listing program yang telah ada pada modul.
4. Periksakan rangkaian kepada asisten yang mengawas
5. Hidupkan semua supply
6. Upload program dari laptop ke modul
7. Tekan tombol Reset
8. Amati percobaan, jika tidak sesuai perbaiki rangkaian atau program
9. Jika sesuai, maka selesai dan demokan pada asisten yang mengawas
10. Jelaskan prinsip kerja + program dan hubungan keduanya kepada asisten
= 12. Matikan supply
1. Hardware [kembali]
2. Rangkaian Simulasi [kembali]
Prinsip Kerja:
Pada percobaan ini, terdapat beberapa komponen yaitu switch, seven segment, keypad dan arduino.
Pada percobaan diatas kita menghubungkan switch ke pin pada arduino yaitu pin digital 14 sampai 20 sebagai input dari rangkaian.
Keypad akan dihubungkan ke PORT F yang juga dijadikan sebagai input selain switch.
Selanjutnya output dari rangkaian ini adalah Seven Segment. Seven segment yang kita gunakan
adalah seven segment tipe katode. seven segment menampilkan angka sesuai dengan input data dari keypad. Contohnya pada rangkaian ini jika ditekan switch 1 maka akan muncul
angka 1 pada sevent segmen, lalu jika ditekan salah satu tombol pada keypad maka akan muncul angka
sesuai dengan tombol yang ditekan pada keypad.
3. Flowchart [kembali]
4. Listing Program [kembali]
#include
<Keypad.h> //memasukkan
pustaka keypad
char tombol[4][3] = //menyatakan
tombol di keypad adalah kolom tiga dan baris empat
{ //pembuka
tata letak tombol keypad
{'1', '2', '3'},
{'4', '5', '6'}, //deklarasi
posisi tombol keypad
{'7', '8', '9'},
{'*', '0', '#'}
}; //penutup
tata letak tombol keypad
byte pin[] = {2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9}; //deklarasi pin
yang digunakan untuk seven segment dengan tipe data byte
int sakelar[] = {23, 25, 27, 29, 31, 33,
35, 37}; //deklarasi pin yang
digunakan untuk switch dengan tipe data integer
byte pinBaris[] = {17, 18, 19, 20}; //deklarasi pin
yang dihubungkan dengan baris pada pada keypad
byte pinKolom[] = {14, 15, 16}; //deklarasi pin
yang dihubungkan dengan kolom pada pada keypad
Keypad keypad = Keypad(makeKeymap(tombol),
//digunakan untuk menciptakan objek
keypad
pinBaris, pinKolom, 4, 3); //objek
keypad yang diberikan yaitu empat kali tiga
void setup() //fungsi
yang di eksekusi pertama pada program
{ //batas
pembuka fungsi void setup
pinMode(10,OUTPUT); //pin sepuluh arduino
digunakan sebagai output
digitalWrite(10,LOW); //pin
sepuluh pada arduino dalam keadaan low
for(int i=0;i<9;i++) //fungsi
untuk variabel idengan keadaan awal nol meningkat sampai kecil dari embilan
{ //
batas pembuka fungsi for
pinMode(sakelar[i],INPUT); // pin i
digunakan sebagai input
} //
batas penutup fungsi for
} //
batas penutup fungsi void setup
void loop() //
fungsi perulangan pada program
{ //
batas pembuka pada fungsi perulangan
if(digitalRead(23)==HIGH) // fungsi
jika pembacaan pin 23 dalam keadaan high
{ //
batas pembuka fungsi jika 23 high
char kode = keypad.getKey(); //
fungsi untuk membaca tombol apa pada keypad yang ditekan
if (kode == NO_KEY) //
keadaan jika tombol tidak terbaca
return; //
perintah return akan dieksekusi
if (kode == '*' || kode == '#') // jika tombol
* atau # yang ditekan
{ //
pembuka fungsi jika * atatu # yang ditekan
return; //
perintah return dijalankan
} //
penutup fungsi keadaan jika menekan * atatu #
if(kode == '7') //fungsi
untuk keadaan tombol ditekan angka 7
{ //batas
pembuka jika yang ditekan angka 7
digitalWrite(2,HIGH); //pin
2 seven segment hidup
digitalWrite(3,HIGH); //pin
3 seven segment hidup
digitalWrite(4,HIGH); //pin
4 seven segment hidup
digitalWrite(5,LOW); //pin
5 seven segment mati
digitalWrite(6,LOW); //pin
6 seven segment mati
digitalWrite(7,LOW); //pin
7 seven segment mati
digitalWrite(8,LOW); //pin
8 seven segment mati
digitalWrite(9,LOW); //pin
9 seven segment mati
} //
penutup fungsi jika angka 7 ditekan
} // end
2. Menambahkan urutan LED pada rangkaian sepuluh buah jika keypad ditekan angka tertentu maka LED hidup sebanyak angka yang ditekan
7. Link Download [kembali]
File HTML - Download
File Proteus - Download
File Program - Download
Video Rangkaian - Download