Our Story.
share anything about our laboratorium

MODUL 2 ARDUINO SEVEN SEGMENT + KEYPAD




D. Menampilkan Angka pada Seven Segment

Prosedur Percobaan:
1. Pastikan semua supply dalam keadaan off
2. Hubungkan jumper seperti gambar dibawah
3. Buatlah listing program yang telah ada pada modul.
4. Periksakan rangkaian kepada asisten yang mengawas
5. Hidupkan semua supply
6. Upload program dari laptop ke modul
7. Tekan tombol Reset
8. Amati percobaan, jika tidak sesuai perbaiki rangkaian atau program
9. Jika sesuai, maka selesai dan demokan pada asisten yang mengawas
10. Jelaskan prinsip kerja + program dan hubungan keduanya kepada asisten
= 12. Matikan supply

1. Hardware [kembali]

2. Rangkaian Simulasi [kembali]



Prinsip Kerja:

Pada percobaan ini, terdapat beberapa komponen yaitu switch, seven segment, keypad dan arduino.
Pada percobaan diatas kita menghubungkan switch ke pin pada arduino yaitu pin digital 14 sampai 20 sebagai input dari rangkaian.
Keypad akan dihubungkan ke PORT F yang juga dijadikan sebagai input selain switch.
Selanjutnya output dari rangkaian ini adalah Seven Segment. Seven segment yang kita gunakan
adalah seven segment tipe katode. seven segment menampilkan angka sesuai dengan input data dari keypad. Contohnya pada rangkaian ini jika ditekan switch 1 maka akan muncul 
angka 1 pada sevent segmen, lalu jika ditekan salah satu tombol pada keypad maka akan muncul angka
sesuai dengan tombol yang ditekan pada keypad.

3. Flowchart [kembali]

4. Listing Program [kembali]



#include <Keypad.h>                                                 //memasukkan pustaka keypad
char tombol[4][3] =                                                    //menyatakan tombol di keypad adalah kolom    tiga dan baris empat
{                                                                                  //pembuka tata letak tombol keypad
  {'1', '2', '3'},
  {'4', '5', '6'},                                                               //deklarasi posisi tombol keypad
  {'7', '8', '9'},
  {'*', '0', '#'}
};                                                                                 //penutup tata letak tombol keypad
byte pin[] = {2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9};                             //deklarasi pin yang digunakan untuk seven segment dengan tipe data byte
int sakelar[] = {23, 25, 27, 29, 31, 33, 35, 37};          //deklarasi pin yang digunakan untuk switch dengan tipe data integer
byte pinBaris[] = {17, 18, 19, 20};                             //deklarasi pin yang dihubungkan dengan baris pada pada keypad
byte pinKolom[] = {14, 15, 16};                                //deklarasi pin yang dihubungkan dengan kolom pada pada keypad
Keypad keypad = Keypad(makeKeymap(tombol),    //digunakan untuk menciptakan objek keypad
pinBaris, pinKolom, 4, 3);                                          //objek keypad yang diberikan yaitu empat kali tiga
void setup()                                                                 //fungsi yang di eksekusi pertama pada program
{                                                                                  //batas pembuka fungsi void setup
pinMode(10,OUTPUT);                                           //pin sepuluh arduino digunakan sebagai output
digitalWrite(10,LOW);                                             //pin sepuluh pada arduino dalam keadaan low
for(int i=0;i<9;i++)                                                    //fungsi untuk variabel idengan keadaan awal nol meningkat sampai kecil dari embilan
    {                                                                              // batas pembuka fungsi for
      pinMode(sakelar[i],INPUT);                                 // pin i digunakan sebagai input
    }                                                                              // batas penutup fungsi for
}                                                                                  // batas penutup fungsi void setup
void loop()                                                                   // fungsi perulangan pada program
{                                                                                  // batas pembuka pada fungsi perulangan
if(digitalRead(23)==HIGH)                                    // fungsi jika pembacaan pin 23 dalam keadaan high
   {                                                                               // batas pembuka fungsi jika 23 high
   char kode = keypad.getKey();                                 // fungsi untuk membaca tombol apa pada keypad yang ditekan

  if (kode == NO_KEY)                                               // keadaan jika tombol tidak terbaca
    return;                                                                       // perintah return akan dieksekusi
      if (kode == '*' || kode == '#')                                  // jika tombol * atau # yang ditekan 
        {                                                                           // pembuka fungsi jika * atatu # yang ditekan
        return;                                                                  // perintah return dijalankan
        }                                                                          // penutup fungsi keadaan jika menekan * atatu #
if(kode == '7')                                                             //fungsi untuk keadaan tombol ditekan angka 7
{                                                                                //batas pembuka jika yang ditekan angka 7
digitalWrite(2,HIGH);                                                //pin 2 seven segment hidup
digitalWrite(3,HIGH);                                                //pin 3 seven segment hidup
digitalWrite(4,HIGH);                                                //pin 4 seven segment hidup
digitalWrite(5,LOW);                                                 //pin 5 seven segment mati
digitalWrite(6,LOW);                                                 //pin 6 seven segment mati
digitalWrite(7,LOW);                                                 //pin 7 seven segment mati
digitalWrite(8,LOW);                                                 //pin 8 seven segment mati
digitalWrite(9,LOW);                                                 //pin 9 seven segment mati
  }                                                                                // penutup fungsi jika angka 7 ditekan
}                                                                                  // end








6. Kondisi [kembali]
2.      Menambahkan urutan LED pada rangkaian sepuluh buah jika keypad ditekan angka tertentu maka LED hidup sebanyak angka yang ditekan

 
7. Link Download [kembali]
File HTML - Download
File Proteus - Download
File Program - Download
Video Rangkaian - Download
RAHMATSYAH HIDAYAT RAHMATSYAH HIDAYAT Author

About

Popular Posts

Find Us

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *